Wednesday, March 26, 2008

Cara Mudah Memperbanyak Tanaman

Merawat tanaman hias, sama halnya dengan merawat seorang anak. Diperlukan perawatan ekstra khusus di tahap awal perkembangannya, tahap pembuahan, hingga tahap di saat tanaman sudah berumur cukup tua.

Pada saat tanaman sudah mulai tua, perhatikan bagaimana penampilan tanaman anda di dalam sebuah pot yang ukurannya tidak bertambah besar mulai dari tanaman dewasa. Biasanya, daun-daun sudah mulai rimbun dan menutupi media tanam, tangkai terlalu panjang, dan pot sudah terlihat padat dan sesak. Sama halnya dengan manusia apabila sudah beranak-cucu pastilah rumah yang dihuni terasa semakin sesak. Saat itu pula manusia perlu berpindah membangun rumah baru.

Bagi anda, itulah saat yang tepat untuk melakukan pembiakan tanaman kesayangan anda.
Sebenarnya, tanaman memiliki kemampuan sendiri untuk berkembang biak secara alami.
Tanaman mampu melakukan perkembangbiakan sendiri dengan cara menyebarkan biji-bijinya yang telah tua ke lahan baru. Namun demikian, masih sangat diperlukan campur tangan manusia apabila tujuan kita untuk mempercepat proses perbanyakan tanaman itu sendiri.

Ada beberapa cara dalam membantu perbanyakan tanaman disesuaikan dengan karakteristik masing-masing tanaman. Beberapa cara yang mudah dilakukan adalah :

Stek batang, cara yang paling mudah dan sederhana.
Cara stek batang biasanya dilakukan untuk tanaman berzat kayu atau tanaman yang tangkainya berkadar air banyak, salah satu contoh adalah Cordelyn.

Stek daun, untuk jenis tanaman tertentu.
Paling cocok dilakukan pada tanaman yang memiliki daun yang kandungan airnya tinggi, seperti contoh : Begonia, Sancivera, Lidah Mertua, Siclantus, Cocor bebek, dan Violces.



Membelah, untuk tanaman yang memiliki umbi akar atau rimpang.
Hanya diterapkan pada tanaman yang memiliki daun yang
berhubungan langsung dengan pangkal akar. Dan biasanya, akarnya membentuk umbi atau rimpang, contohnya : Aglonema tak berbatang, Calathea rejeki, Caladium, Costus, Heliconia, Honje, dan sebagainya.

Memisahkan anak.
Untuk jenis tanaman yang memiliki anakan yang tumbuh dengan tangkai penghubung dari induknya, seperti Spider Lily (Lili Paris), Episcia (daun tembaga), beberapa jenis Bromelia.



Mencangkok batang
.Hanya cocok dipakai untuk tanaman berzat kayu, agak sulit dilakukan, namun cara perbanyakan ini tidak akan mengubah bentuk dan struktur tanaman.

No comments: